Goodbizid.comBagaimanakah agar dagangan laris manis secara online? Memulai maupun mengembangkan bisnis online yang baru saja dilakukan ternyata bukanlah perkara mudah buat dilakukan. Terlebih lagi, dalam kondisi tersebut angka penjualan maupun tingkat pengunjung masih sangat rendah. Ditambah lagi, persaingan di dunia jual-beli online semakin membooming belakangan ini.

Seperti yang sudah diketahui, bisnis online merupakan salah satu pilihan bagi banyak orang di era seperti digital sekarang. Hal tersebut bukan tanpa alasan sebab sebagian besar masyarakat ternyata lebih tertarik buat berbelanja melalui smartphone dibandingkan dengan datang langsung. Alasannya adalah lebih praktis dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu.

Walaupun kehadiran bisnisnya memberikan jangkauan pasar lebih luas dibandingkan berdagang secara konvensional alias offline, tetapi menjalankannya ternyata tidaklah mudah. Terlebih lagi dengan adanya tingkat persaingan cukup ketat. Apabila anda tidak mengetahui bagaimanakah tips agar dagangan laris, bukan tidak mungkin jika akan cepat gulung tikar begitu saja.

Baca juga : Cara Scrape Shopee

Tips Agar Dagangan Laris Manis Dengan Cepat
Tips Agar Dagangan Laris Manis Dengan Cepat

Tips Agar Dagangan Laris Manis Dengan Cepat

Sebenarnya berbisnis online bisa menjadi salah satu kegiatan bisnis dimana akan memberikan banyak keuntungan bagi para pelakunya. Asalkan mengetahui dengan baik bagaimanakah cara menjalankannya yang benar. Berikut ini beberapa tips dimana wajib diterapkan agar jualan bisa dijangkau oleh banyak orang.

1. Melakukan Promosi Gila/Iklan Gencar

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah melakukan promosi gila-gilaan. Perlu diketahui bahwa sampai kapanpun produk anda tidak akan pernah dikenal oleh masyarakat luas apabila tidak pernah melakukan promosi ataupun iklan. Semakin sering melakukan promosi, jelas akan membuat orang lebih kenal dengan produk anda.

Untuk melakukan iklan sendiri dapat dilakukan secara konvensional maupun online. Cobalah menawarkan produk-produk yang anda jual kepada orang-orang di sekitar seperti keluarga ataupun teman. Atau bisa juga memanfaatkan sosial media dengan tujuan mengenalkan produk ke teman-teman didalamnya.

Baca juga : Cara Agar Whatsapp Selalu Aktif/Online Dalam 24 Jam

2. Buat Banyak Sosial Media Untuk Promosi

Keberadaan sosial media sekarang ternyata mempunyai peran sangat penting bagi para pelaku jual-beli online. Nah agar dagangan laris, cobalah buat memanfaatkan keberadaan sosial media tersebut. Dengan begitu bisa menjangkau lebih banyak pasar sekaligus.

Ini juga bisa menjadi solusi bagi anda yang baru pertama kali terjun ke dalam dunia bisnis online. Jika perlu buatlah banyak akun jualan di banyak sosial media sekaligus seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok dan masih banyak lagi. Tujuannya adalah mempromosikan produk-produk yang anda jual.

3. Sering Upload Konten Secara Berkala

Supaya orang lebih mengenal produk anda, jangan lupa untuk sering posting konten. Terlebih lagi apabila anda mempunyai koleksi produk terbaru. Dengan begini maka orang lain akan langsung tertarik untuk melihat lebih banyak produk yang anda miliki dan meningkatkan peluang penjualan.

Tetapi perlu diperhatikan seberapa seringkah anda meng-upload konten. Pastikan tidak dianggap spam oleh para pembaca. Cobalah memberikan jeda beberapa jam pada setiap postingan. Jangan lupa sesekali, mengupload hal-hal bermanfaat seperti tips dan trik penggunaan produk yang anda miliki.

Baca juga : Cara Menggunakan Autoresponder Whatsapp Cepat Praktis dan Instan

4. Gunakan Foto ataupun Video Berkualitas dan Menarik

Perlu diketahui bahwa kualitas dari foto maupun video produk anda akan berpengaruh besar terhadap minat calon konsumen apakah akan membeli ataukah tidak. Bukan hanya itu saja, hal tersebut ternyata juga akan menunjukkan apakah toko tersebut professional ataukah tidak.

Itulah sebabnya, anda tidak boleh sembarangan ketika mengupload video maupun foto. Pastikan memperhatikan kualitasnya dimana terlihat jelas, tidak buram hingga pencahayaan yang cukup. Dengan begitu, maka orang akan bisa melihat detail dari produk yang anda jual tersebut.

5. Berikan Promo Menarik

Agar dagangan laris, anda juga bisa mencoba buat memberikan berbagai macam promo menarik. Promo sendiri menjadi salah satu hal dimana paling banyak diburu oleh masyarakat. Terutama bagi mereka yang ingin menghemat biaya pengeluaran buat berbelanja.

Disinilah, anda bisa langsung memanfaatkan kebiasaan masyarakat berburu promo yakni dengan mengadakan promo menarik. Ada banyak jenis promo yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Salah satunya adalah pemberian diskon alias potongan harga. Dengan pemberian diskon itulah bisa meningkatkan peluang penjualan lebih tinggi.

Selain itu, anda juga bisa memberikan penawaran berupa hadiah atas pembelian 2 atau lebih produk bisnis. Itu bisa sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap para pembeli loyal produk anda.

Baca juga : Cara Broadcast di Whatsapp Mudah, Cepat dan Praktis

6. Memberikan Pelayanan Yang Memuaskan

Sebagai seorang penjual online, anda juga diwajibkan buat memperhatikan bagaimanakah bentuk pelayanan yang semestinya diberikan kepada para konsumen. Sebab pelayanan tersebut akan menentukan tingkat kenyamanan sekaligus kepuasan dari para pembeli.

Salah satu bentuk pelayanan yang wajib diterapkan adalah jadilah penjual komunikatif serta responsive. Anda harus mudah dihubungi sekaligus memberikan balasan yang cepat. Jangan lupa buat memberikan pelayanan secara ramah pula. Dengan begitu, maka usaha bisa tetap berjalan lancar dalam jangka waktu panjang.

7. Beri Nilai Tambah Pada Produk

Walaupun produk anda sudah dikenal oleh masyarakat secara luas tetapi sebaiknya tidak berhenti disitu saja. Sebab sebagai penjual juga harus memberikan nilai tambah terhadap setiap produk dari usaha. Dengan cara inilah maka akan selalu menjaga loyalitas dari para konsumen.

Untuk memberikan nilai tambah tersebut bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas produk. Hal tersebut agar para konsumen tidak kecewa dengan barang yang datang dan dapat berbelanja secara puas di tengah-tengah pandemi. Selain itu, apabila produk yang diterima tidak sesuai, cobalah tawarkan untuk return barang.

8. Menggunakan Event Giveaway

Giveaway merupakan salah satu hal yang sangat menarik untuk banyak orang. Agar produk semakin dikenal oleh banyak orang, cobalah buat mengadakan acara giveaway pada momen-momen tertentu.

Selain buat meningkatkan pengetahuan akan produk usaha yang anda miliki, dengan mengadakan giveaway itulah dapat meningkatkan nilai penjualan. Strategi giveaway dimana dapat digunakan bisa bervariasi seperti mengadakan kuis dan pemenangnya akan diberikan hadiah.

Baca juga : Membuat Notifikasi Whatsapp di WooCommerce Otomatis Realtime

9. Remarketing dan Follow Up

Konsumen merupakan asset yang berharga untuk bisnis jangka panjang. Bukan tidak mungkin konsumen akan terus berbelanja di anda. Bisa jadi konsumen anda itu mungkin sering belanja yang produknya serupa dengan yang anda jual, namun kenapa tidak belanja terus di anda? Nah disini ada gap yang harusnya anda perbaiki. Mencari konsumen baru lebih sulit ketimbang menjuali konsumen lama yang sudah pernah transaksi dengan anda.

Jadi konsumen tidak membeli lagi di anda penyebabnya adalah mereka bisa saja lupa dengan anda, sudah menghapus kontak wa anda sehingga sulit menghubungi anda lagi. Maka dari itu anda lah yang wajib menyimpan kontak mereka lalu anda bisa tawari lagi produk produk yang anda jual tersebut.

  • Follow UP

Hal penting yang harus anda lakukan adalah melakukan FollowUP customer yang belanja namun belum membayar. FollowUP hal yang penting dan krusial. Karna penjualan kadang tidak langsung terjadi pada hari itu, bisa jadi hari ke 2 ke 3 ke 4 dan seterusnya. Maka bila anda ingin agar dagangan laris wajib melakukan Follow Up konsumen.

  • Remarketing dengan Broadcast

Kumpulkan semua nomor-nomor kontak konsumen yang sudah menghubungi anda. Lalu setelah banyak, anda bisa melakukan broadcast. Dalam hal ini di whatsapp mereka. Broadcast bisa memberikan penawaran produk yang anda jual. Di karenakan kontak tersebut Sudah pernah belanja di anda, maka mereka akan lebih mudah untuk transaksi Kembali pada anda.

Aplikasi pendukung FollowUP dan Broadcast

Ada pun bila anda ingin menjalankan followup dan remarketing broadcast di whatsapp, kami menyarankan untuk menggunakan aplikasi StarSender. Karena aplikasi ini akan membantu anda melakukan tugas-tugas krusial dalam bisnis seperti di jelaskan di atas dengan mudah, cepat dan praktis.

StarSender-Api-Whatsapp-Gateway

tombol-uji-coba-gratis-wa

Bahkan anda bisa membuat notifikasi otomatis dari toko online anda menuju di Whatsapp secara realtime 24 jam. Selain itu anda juga bisa membuat whatsapp auto reply untuk membantu pertanyaan berulang dari customer.

Aplikasi ini bisa di uji coba secara gratis daftar klik disini –  atau Chat/Call WA 0877 00 727374

Kesalahan-Kesalahan Dalam Berbisnis Online

Dalam berbisnis online memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan termasuk melakukan beberapa bentuk kesalahan dibawah. Kesalahan dibawah inilah yang dipercaya akan membuat bisnis cepat gulung tikar.

1. Tidak Merencanakan Bisnis Secara Matang

Pertama, kebanyakan hal yang menyebabkan gulung tikar adalah tidak merencanakan bisnis secara matang. Padahal perencanaan bisnis apapun termasuk secara online dibutuhkan rencana cukup matang. Cobalah buat lebih focus pada satu bisnis terlebih dahulu dibandingkan dengan lebih banyak bisnis.

Baca juga Api Whatsapp Business

2. Tidak Memberikan Pelayanan Konsumen Terbaik

Tidak sedikit dari para penjual ternyata memberikan pelayanan seadanya kepada para konsumen. Itulah yang ternyata menjadi alasan calon konsumen justru merasa enggan buat membeli produk dari bisnis anda. Sebab pelayanan buruk akan membuat ketidaknyamanan.

3. Manajemen Keuangan Yang Buruk

Sebelum memutuskan buat menjalankan bisnis, sangat disarankan buat mengetahui bagaimanakah melakukan manajemen keuangan yang benar. Sebab tanpa manajemen keuangan bagus, jelas akan meningkatkan peluang rugi lebih besar dibandingkan keuntungan.

Berbisnis online memang menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang yang memulai usaha mereka. Namun dengan persaingan semakin ketat itulah, pastikan anda mengetahui bagaimanakah cara agar dagangan laris diatas.

tombol-uji-coba-gratis-wa

error: Content is protected !!