Goodbizid.com – Berjualan online saat ini semakin diminati masyarakat. Sayangnya masih banyak penjual online terutama pemula belum tahu bagaimana cara berjualan online agar cepat laku di pasaran. Jika Anda termasuk pemula dan tertarik untuk mengetahuinya berikut adalah deretan tips dan cara untuk membuat produk Anda digemari oleh konsumen lengkap dengan penjelasannya.

cara berjualan online agar cepat laku
cara berjualan online agar cepat laku

Produk harus unik

Aspek produk yang dijual merupakan hal paling penting dan patut diperhatikan. Jika produk yang dijual terlihat bagus, menarik dan unik dibandingkan dengan barang lain maka hal ini bisa menarik banyak pembeli. Untuk memilik produk unik, berikut beberapa tips yang bisa digunakan.

Baca juga : Cara Mengatasi Toko Sepi Pembeli Tanpa Biaya

1. Perhatikan tren

Barang unik sangat erat kaitannya dengan tren yang terjadi sekarang. Apalagi dengan adanya internet membuat tren semakin cepat berubah. Produk yang dinilai unik sekarang bisa jadi dinilai membosankan beberapa bulan kemudian. Oleh sebab itu, memperhatikan dan memperkirakan tren yang akan terjadi merupakan strategi yang perlu dilakukan oleh para penjual online.

2. Perhatikan kompetisi

Jika ternyata di pasaran sudah banyak orang yang menjual barang tersebut maka Anda bisa mencoba menjual barang lain dengan persaingan tidak terlalu ketat. Karena Anda baru memulai maka Anda akan kesulitan jika menjual barang yang sudah sangat mudah ditemukan di internet karena kalah dengan penjual besar. Memperhatikan kompetitior itu salah satu hal penting agar cara berjualan online agar cepat laku. Karena kalau sudah terlalu banyak justru malah tidak laku-laku atau akan perang harga.

Baca juga : Cara Agar Konsumen Cepat Transfer

3. Berikan ciri khas khusus

Jika tetap ingin menjual produk dengan persaingan tinggi maka mau tidak mau Anda harus memiliki ciri khas khusus yang membedakan produk Anda dengan produk serupa. Hal ini akan membuat produk Anda terlihat unik dan berbeda.

Ciri khusus tersebut bisa Anda terapkan di berbagai hal seperti kemasan, cara marketing, produk yang dijual, dan sebagainya. Dengan cara ini, konsumen yang membeli produk Anda bisa menemukan pengalaman atau sensasi baru yang tidak bisa diperoleh di tempat lain.

Foto-foto produk yang menarik

Produk unik tentu harus memiliki foto yang menarik. Sayangnya masih banyak penjual pemula yang belum menyadari hal tersebut. Masih banyak diantaranya justru menggunakan foto standar atau ala kadarnya karena menganggap foto produk bagus memerlukan biaya cukup besar.

Padahal hal tersebut tidak semuanya benar, Anda masih bisa mendapatkan gambar bagus cukup dengan smartphone saja. Bagaimana cara melakukannya? Berikut adalah tips cara berjualan online agar cepat laku dengan memperhatikan kualitas desain foto produk.

Baca juga : Cara Agar Banyak Pembeli

1. Memilih kamera yang tepat

Kamera adalah hal terpenting untuk mengambil gambar yang berkualitas. Untuk hasil terbaik, Anda sebenarnya bisa menggunakan kamera profesional. Namun, jika tidak bisa karena dana terbatas maka Anda cukup menggunakan smartphone atau meminjam kamera saja.

Saat ini sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi dengan hasil akhir tidak kalah dari kamera profesional. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengambil gambar yang bagus untuk produk Anda.

2. Pencahayaan

Setelah kamera, pencahayaan merupakan faktor paling penting kedua untuk membuat foto terlihat menarik. Agar lebih berhemat, Anda bisa menggunakan cahaya alami dari matahari karena cukup terang. Namun, Anda juga bisa menggunakan cahaya tambahan dari lampu kecil yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran.

Anda juga bisa menggunakan background foto agar terlihat seperti gambar profesional. Tidak perlu mahal, cukup dengan latar berwarna putih atau warna lain asal masih 1 warna yang bisa Anda buat sendiri.

Baca juga : Cara Membuat Konsumen Loyal

3. Sudut pengambilan gambar

Sudut pengambilan gambar (angle) sangat memengaruhi tampilan sebuah produk. Perlu diketahui juga jika setiap produk memiliki sudut pengambilan gambar yang berbeda-beda tergantung dengan jenisnya. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk memotret produk tersebut dari berbagai angle berbeda untuk menentukan mana gambar terbaik.

4. Editing

Terakhir tentu saja adalah proses editing gambar. Anda cukup menggunakan aplikasi editing sederhana saja. Meski menggunakan aplikasi edit foto namun usahakan agar foto tersebut tetap terlihat natural karena akan lebih enak dilihat. Saat ini pembeli justru tidak suka pada foto produk yang sudah diedit terlalu banyak.

Baca juga : Cara Follow Up Customer

Konten Instagram (IG) yang menarik

Tidak bisa dipungkiri jika Instagram merupakan media sosial paling populer di kalangan pecinta belanja online. Penggunanya yang kebanyakan dari kalangan remaja dan anak muda membuat menjadi wadah terbaik untuk berpromosi.

Namun karena yang berjualan online bukan hanya Anda saja maka mau tidak mau Anda harus membuat konten semenarik mungkin agar pembeli tertarik membeli produk Anda. Selain tampilan visual yang bagus, posting secara rutin dan pastikan juga konten-konten yang dibuat menarik perhatian target konsumen Anda.

Manfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram sebaik mungkin agar menghasilkan hasil semaksimal mungkin. Saat ini pihak Instagram sudah banyak memberikan fitur khusus kepada akun-akun yang memang digunakan untuk bisnis.

Baca juga : Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Lampirkan akun Facebook (FB) aktif

Meski Instagram semakin populer tetapi Facebook ternyata masih menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan masyarakat tanah air. Penggunanya juga beragam mulai dari anak muda hingga orang tua sehingga jika target konsumen Anda dari segala umur sehingga lebih mudah dijangkau semua kalangan.

Selain melakukan promosi di FB, Anda juga bisa melampirkan akun FB yang masih aktif di kontak bisnis untuk memudahkan konsumen menemukan informasi. Tidak hanya itu, akun FB juga bisa dijadikan sarana untuk berpromosi dan menggaet pelanggan lebih banyak. Itulah trik cara berjualan online agar cepat laku dengan mengembangkan bisnis di facebook juga.

Tambahkan added value ke konsumen

Secara sederhana, added value berarti nilai tambah Nilai tambah sendiri merupakan selisih antara harga jual dengan total biaya produksi barang secara keseluruhan. Meski begitu, ada juga yang mendefinisikannya sebagai kelebihan yang dimiliki oleh sebuah produk yang dinilai melebihi ekspektasi konsumen sehingga menambah keunggulan produk tersebut.

Setiap kegiatan bisnis sudah pasti akan memberikan nilai tambah dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan. Nilai tambah ini bentuknya bermacam-macam baik dari segi ekonomi maupun marketing. Bentuknya juga bermacam-macam tergantung strategi dan kemampuan Anda sebagai pemilik usaha.

Baca juga : Cara Agar Dagangan Laris Banyak Pembeli

Berikan diskon biaya pengiriman

Biaya pengiriman atau populer dengan sebutan ongkir merupakan biaya pengiriman produk dari penjual ke konsumen yang memesan. Biaya ini bervariasi namun kadang biaya pengiriman bisa sangat besar melebihi harga barang yang dipesan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk menawarkan potongan biaya ongkir kepada pelanggan. Itu agar pelanggan tertarik membeli. Dan tentu saja ini juga salah satu strategi cara berjualan online agar cepat laku di dunia online.

strategi cara berjualan online agar cepat laku di dunia online
Berikan diskon menarik

Cara ini mungkin akan mengurangi margin keuntungan Anda namun patut untuk dicoba. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan berbagai e-commerce terkemuka yang sering memberikan promo dan gratis ongkir kepada pelanggannya. Dengan begitu, produk Anda bisa cepat laku namun tetap menghasilkan keuntungan yang diharapkan.

Manfaatkan endorse untuk iklan

Endorsement menggunakan artis atau selebritas media sosial merupakan hal lazim. Namun perlu diingat jika tidak semua endorsement bisa langsung memberikan lonjakan penjualan ke bisnis Anda. Jika ingin produk cepat laku maka gunakan artis atau public figure yang memang benar-benar memiliki basis penggemar besar dan royal.

Tidak hanya itu, pastikan jika artis yang diminta kerja sama memiliki bidang yang sama dengan bisnis Anda. Misalnya produk Anda adalah makanan maka Anda sebaiknya beriklan menggunakan artis yang memang memiliki kegemaran tentang makanan atau memiliki konten tentang makanan. Dengan begitu target iklan produk Anda akan lebih tepat sasaran. Dan itu memang salah satu cara berjualan online agar cepat laku secara online dan sering di gunakan oleh para brand owner sampai saat ini.

Baca juga : Api Whatsapp Business

Upload konten secara rutin di media sosial

Agar nama usaha Anda semakin dikenal publik maka Anda harus selalu aktif mengupload konten-konten di media sosial entah itu Instagram, Twitter, atau bahkan Facebook. Selain bertujuan untuk memberikan informasi terbaru kepada konsumen, hal ini juga bisa membuat kamu Anda terlihat lebih aktif.

Ada banyak akun bisnis yang jarang memperbaharui konten-kontennya sehingga terlihat membosankan dan sudah tidak aktif lagi sehingga membuat minat calon konsumen menurun. Padahal sebenarnya akun tersebut masih tetap aktif.

Bila anda ingin toko online laris, mulai dari sekarang aktiflah di sosmed, karena itu cara berjualan online agar cepat laku, apa lagi kalau konten anda trending maka anda akan kebanjiran orderan.

Baca juga : Cara Agar Whatsapp Selalu Online Dalam 24 Jam

Menyimpan data pelanggan

Agar lebih mudah menyusun strategi marketing, ada baiknya jika Anda menyimpan data semua pelanggan terutama yang sudah beberapa kali membeli produk Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melihat data pertumbuhan konsumen serta kebiasaan belanja konsumen. Dengan data lengkap maka Anda bisa menyusun strategi yang paling bagus untuk usaha Anda.

Broadcast pelanggan tetap

Bagi pelanggan yang sudah sering membeli produk Anda tidak ada salahnya untuk rutin memberikan informasi berupa produk baru atau diskon khusus kepada pelanggan. Hal ini merupakan salah satu bentuk layanan yang bisa digunakan untuk menjaga hubungan baik Anda dengan konsumen tersebut.

Jika hubungan Anda sudah dekat dengan konsumen maka konsumen akan sulit berpindah ke produk lain karena sudah memiliki hubungan emosional dengan bisnis Anda. Anda bisa menggunakan berbagai media untuk broadcast informasi penting seperti melalui aplikasi chatting, e-mail, hingga pesan pribadi di media sosial.

Gunakan aplikasi Broadcast

Untuk membantu mempermudah dan mempercepat proses broadcast, anda bisa menggunakan aplikasi Star Sender

StarSender-Api-Whatsapp-Gateway
StarSender-Api-Whatsapp-Gateway

Star Sender adalah aplikasi api whatsapp untuk membantu anda dalam melakukan broadcast whatsapp, yaitu mengirimkan pesan promosi ke seluruh pelanggan-pelanggan anda. Ada juga ini di kenal dengan remarketing. Selain itu anda bisa membuat whatsapp auto reply, yaitu untuk membuat jawaban otomatis 24 jam nonstop. Dan juga bisa membuat notifikasi whatsapp secara realtime.

Coba saja aplikasi starsender GRATIS uji coba.

tombol-uji-coba-gratis-wa

Follow up konsumen potensial

Anda tentu pernah mendapati calon konsumen yang menanyakan produk Anda dengan serius namun masih ragu untuk membelinya. Jika Anda bertemu dengan kejadian seperti ini maka jangan ragu untuk follow up calon konsumen tersebut. Follow up sendiri sebenarnya adalah menindaklanjuti calon konsumen yang berpotensi untuk membeli produk Anda.

Berikan edukasi hingga closing

Ada banyak sekali calon konsumen yang belum mengetahui tentang seluk-beluk produk Anda. Bahkan jika produk yang dijual termasuk langka maka bisa jadi banyak konsumen yang akan bertanya lebih dahulu. Hal ini tentu cukup wajar sehingga Anda hanya perlu mengedukasi konsumen tersebut tentang produk yang Anda jual.

Gunakan bahasa ringkas dan sederhana agar mudah dipahami oleh orang awam. Lakukan terus sampai pelanggan Anda paham dan bisa memutuskan akan membelinya atau tidak. Jika belum memutuskan, tidak ada salahnya untuk tetap follow up pelanggan tersebut secara rutin.

Baca juga : Cara Menggunakan Autoresponder Whatsapp

Berikut merupakan sedikit tips dan cara berjualan online agar cepat laku di pasaran. Meski sebenarnya masih banyak cara lain yang tidak kalah berguna tetapi dengan cara di atas merupakan cara paling sering diterapkan karena mudah digunakan oleh pemula yang masih awam sekalipun.

error: Content is protected !!