Goodbizid.com – Kalimat “pelanggan adalah raja” dalam dunia bisnis tentu tak asing di telinga. Para pebisnis sukses kerap mengibaratkan pelanggan adalah aset berharga, karena tanpa adanya pelanggan tentu saja bisnis tidak dapat berjalan dengan baik. Namun rupanya dalam mencari customer setia tak semudah kelihatannya, sehingga Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat konsumen loyal.

Pasalnya memiliki pelanggan loyal tak hanya membantu Anda dalam meningkatkan profit saja, namun juga dapat menekan biaya pemasaran bisnis Anda. Berikut ini penjelasan lengkap terkait loyalitas pembeli yang wajib diketahui oleh setiap pengusaha!

Cara meningkatkan loyalitas pelanggan
Cara meningkatkan loyalitas pelanggan

Apa Itu Loyalitas Dari Sisi Pelanggan?

Jika berbicara tentang loyalitas dari sisi pelanggan, dapat diartikan sebagai perilaku konsumen dalam melakukan pembelian secara berulang-ulang serta upaya pelanggan untuk membangun kesetiaan terhadap suatu jasa atau produk.

Konsumen dapat dikatakan loyal ketika melakukan pembelian secara berulang dan terjadi secara konsisten. Dalam dunia bisnis, konsumen yang memiliki sikap loyalitas tinggi tentu perlu dijaga dengan baik. Hal tersebut dimaksudkan agar sikap kesetiaan customer tidak berkurang, sehingga pelanggan dapat konsisten membeli produk dalam jangka waktu panjang.

Bagaimana Cara Membuat Konsumen Loyal?

Untuk dapat menciptakan loyalitas pelanggan tentu bukan hal mudah. Karena sikap loyal pelanggan tidak akan terbentuk secara tiba-tiba, melainkan memerlukan waktu cukup lama setelah konsumen tersebut melewati beberapa tahapan siklus pembelian. Berikut ini tips membangun rasa loyalitas konsumen yang wajib dicatat!

1. Selalu Jalin Komunikasi

Komunikasi ibarat jembatan penting antara konsumen dengan penjual, karena tanpa adanya komunikasi berkelanjutan tentu konsumen akan lupa dengan kehadiran produk ataupun jasa yang pernah Anda tawarkan.

Oleh karena itu tak lupa untuk selalu menyimpan kontak para pelanggan, agar Anda dapat selalu terhubung dengan mereka. Nantinya ketika Anda ingin membuat promo-promo menarik, dapat menyampaikan langsung kepada konsumen secara personal melalui kontak yang telah Anda simpan.

Selain itu Anda juga dapat menjalin komunikasi secara berkelanjutan dengan customer, salah satu caranya dengan mengirim pesan berupa ucapan selamat di momen tertentu seperti perayaan hari besar keagamaan, dan lain-lain.

2. Memberi Pelayanan After Sales

After sales service merupakan layanan yang diberikan penjual kepada konsumen setelah konsumen tersebut membeli maupun menggunakan produk atau jasa dari bisnis tersebut. Contoh layanan after sales yang dapat diberikan pihak penjual kepada pembeli cukup beragam, mulai dari mengemas barang dalam kemasan yang menarik, hingga memberikan voucher ataupun kupon.

Pelayanan after sales ini sangatlah penting dalam dunia bisnis, karena selain dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dapat pula meningkatkan penjualan serta mendukung perbaikan produk yang dijual.

3. Memberi Diskon Menarik

Berikan diskon menarik
Berikan diskon menarik

Siapa yang tidak gembira ketika diberikan diskon-diskon menarik? Anda dapat menggunakan strategi ini untuk membuat customer merasa terikat dengan Anda. Di waktu-waktu tertentu, Anda dapat memberikan diskon berupa potongan harga, diskon pembelian kedua, diskon barang-barang tertentu, ataupun diskon lain sesuai dengan produk yang ditawarkan.

4. Memberi Nilai Tambah Konsumen

Selain itu Anda perlu menciptakan nilai tambah untuk para pelanggan salah satunya dengan memanfaatkan piramida value. Di dalam piramida value, terdapat 30 value yang dapat digunakan untuk memberi nilai tambah kepada pelanggan. Dari jenis-jenis value tersebut, terbagi lagi ke dalam 4 kategori utama yakni fungsional, emosional, mengubah hidup, serta dampak sosial.

Semakin banyak value yang diberikan kepada konsumen, mereka pun akan semakin loyal terhadap pembelian produk atau pemakaian jasa yang Anda tawarkan. Selain itu pendapatan bisnis pun akan meningkat lebih cepat.

5. Konsisten Update Konten di Media Sosial

Cara membuat konsumen loyal selanjutnya adalah dengan selalu konsisten update konten di media sosial, terlebih di medsos populer seperti Tik Tok dan Instagram.

Selain meng-update postingan

Buat variasi produk
Buat variasi produk

, Anda juga dapat menjawab pertanyaan maupun keluhan pelanggan yang diajukan melalui komentar ataupun direct message. Dengan begitu, customer akan merasa diistimewakan serta merasa lebih dihargai keberadaannya.

6. Menambah Varian Produk

Hal yang tak kalah penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan menambah varian produk. Varian produk yang beragam tentu membuat customer merasa memiliki banyak pilihan, sehingga mereka dapat memilih beragam produk sebagai alternatif.

Pasalnya preferensi konsumen pun dapat berubah seiring berjalannya waktu. Sehingga agar pelanggan Anda tidak ‘kabur’ dan bosan dengan produk yang ditawarkan, menambah varian produk menjadi hal tepat yang dapat dilakukan.

7. Memastikan Kualitas Produk

Tak hanya terfokus pada variasi produk saja, Anda juga harus memperhatikan kualitas produk yang dijual. Berikan kualitas produk terbaik secara konsisten sesuai dengan yang dipasarkan, pertahankan kualitas yang telah Anda bangun tersebut agar selalu sesuai dengan yang dijanjikan.

Pasalnya konsistensi dalam dunia bisnis merupakan hal krusial yang dapat menjadi poin plus di mata pelanggan, tak terkecuali konsisten memberikan produk berkualitas untuk pembeli.

8. Membuat Kuesioner Kepuasan Produk

Anda juga dapat membuat kuesioner secara online yang berisi pertanyaan terkait dengan kepuasan produk, jasa, hingga pelayanan yang diberikan. Selain itu sediakan pula wadah untuk pembeli menyampaikan pertanyaan, saran, ataupun keluhan terkait dengan produk Anda.

Buatlah kuesioner dengan hati-hati dan pikirkan dengan matang pertanyaan yang akan diajukan, karena apapun yang akan ditampilkan dalam survei tersebut dapat mencerminkan citra bisnis Anda.

9. Memberikan Garansi

Tak perlu ragu untuk memberikan garansi terhadap konsumen, karena garansi dapat memberikan ikatan antara pembeli dengan produk ataupun jasa Anda.

Dengan memberikan garansi, pelanggan pun menjadi lebih tenang karena produk tersebut memiliki jaminan apabila ada kerusakan. Tak hanya itu, garansi juga bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen dalam jangka waktu panjang.

10. Mengakui Jika Membuat Kesalahan

Ketika Anda tidak sengaja membuat kesalahan baik itu dalam produk ataupun pelayanan, tak perlu segan untuk mengakui kesalahan serta meminta maaf kepada customer.

Karena meskipun Anda hanya berbuat kesalahan kepada satu pembeli saja, bukan tak mungkin pembeli tersebut akan menceritakan kepada orang lain sehingga membuat mereka enggan membeli produk yang Anda jual. Hal tersebut pun berdampak pada pupusnya harapan penjual untuk meraih loyalitas konsumen.

Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan?

Faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan
Faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan

Secara umum terdapat beberapa faktor yang memengaruhi loyalitas pembeli terhadap suatu produk, diantaranya:

  • Emotional bonding atau ikatan emosi, dimana customer dapat terpengaruh pada produk yang memiliki daya tarik. Ikatan tersebut akan tercipta ketika pembeli tersebut merasa memiliki bonding dengan pembeli lain yang juga menggunakan jasa atau produk yang sama
  • Satisfaction atau kepuasan, yang merupakan pengukuran harapan dengan realita yang diterima oleh konsumen
  • Trust atau kepercayaan, yaitu kemauan pembeli untuk percaya pada sebuah produk dari brand tertentu
  • History with company, atau pengalaman konsumen dengan bisnis tersebut yang dapat membentuk perilaku konsumen
  • Choice reduction and habit, atau kemudahan dan kebiasaan konsumen ketika melakukan transaksi

Pentingnya Loyalitas Dalam Bisnis

Terdapat banyak hal yang dapat diperoleh suatu bisnis dengan sikap loyal dari pelanggan. Hal utama tentu mendapatkan pembelian secara konsisten dari konsumen, karena pembelian teratur tersebut dapat berpengaruh pada keuntungan yang bisa didapatkan oleh suatu bisnis.

Selain itu loyalitas juga dapat berpengaruh pada pengambilan keputusan pembeli, karena pembeli akan merasa lebih percaya dan terbuka untuk membeli varian produk ataupun jasa lainnya yang ditawarkan oleh bisnis Anda.

Kesetiaan pembeli juga dapat memperbesar kemungkinan pelanggan tersebut merekomendasikan produk ataupun jasa Anda kepada orang lain, sehingga penjualan pun dapat meningkat drastis tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih untuk promosi.

Aplikasi untuk membangun loyalitas konsumen

StarSender-Api-Whatsapp-Gateway

Star Sender adalah aplikasi api whatsapp untuk melakukan follow up dan juga broadcast di whatsapp. Dengan menggunakan aplikasi ini akan membantu anda dalam membangun loyalitas konsumen.

Anda bisa melakukan promosi berulang pada pelanggan-pelanggan yang sudah pernah membeli di toko anda. Dan anda juga bisa melakukan followup, edukasi dan promosi penawaran terbaik pada pelanggan saat mereka belum yakin untuk melakukan transaksi pada anda.

Kabar baiknya aplikasi ini GRATIS UJI COBA. Silahkan akses sekarang juga..

tombol-uji-coba-gratis-wa

Demikianlah cara membuat konsumen loyal terhadap bisnis Anda. Namun loyalitas konsumen tak hanya diukur dari seberapa sering pelanggan tersebut membeli kembali produk Anda, namun juga bagaimana pembeli tersebut menghargai, memberikan kepercayaan, serta dukungan terhadap produk ataupun jasa usaha Anda.

error: Content is protected !!