Goodbizid.com : Cara Agar Konsumen Cepat Membayar / Transfer – Memiliki bisnis baik itu online atau offline memang butuh perjuangan, apalagi untuk menggaet konsumen. Tak sedikit konsumen yang batal beli karena kesalahan penjual yang sebenarnya bisa dihindari. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa diterapkan supaya konsumen cepat membayar transaksi produk yang mereka inginkan. Mau tahu?

Ketika seseorang masuk ke halaman sebuah toko, ada dua kemungkinan yaitu langsung beli atau hanya “cuci mata”. Penjual yang cerdas akan menargetkan calon konsumen tersebut membeli, sehingga mereka akan melakukan berbagai cara agar transaksi bisa terjadi.

Baca juga :  Cara Agar Banyak Pembeli di Toko Online

ini dia tips cara agar konsumen cepat membayar
ini dia tips cara agar konsumen cepat membayar

8 Cara Agar Konsumen Cepat Membayar

Delapan cara berikut ini, bisa digunakan ketika Anda ingin memastikan konsumen membeli produk yang dijual. Bukan dengan cara memaksa atau memelas, tapi menggunakan cara “halus” yang melibatkan psikologi dan keinginan dari konsumen secara sadar untuk segera melakukan pembayaran.

Follow Up

Penjual secara aktif harus melakukan follow up dari status konsumen yang ingin membeli produk toko tersebut. Caranya bisa dengan reply chat terakhir mereka, untuk menanyakan kapan akan melakukan pembayaran karena produk sudah standby dan siap dikirim.

Follow up juga bisa dilakukan dengan melakukan komunikasi by phone kepada konsumen, jika beberapa kali chat ternyata tidak ada tanggapan. Itupun jika si konsumen sudah memberikan data pengiriman termasuk nomor telepon namun tak kunjung membayar.

Banyak penyebab mereka mengabaikan follow up ini, bisa saja disebabkan karena memang tidak jadi membeli atau lupa jika sudah melakukan deal dengan toko Anda.

Gunakan aplikasi untuk membantu followup

Jangan lewatkan followup customer anda, gunakan aplikasi follow up untuk mempermudah memanage mana saja customer customer yang belum membayar. Aplikasi rekomendasi untuk melakukan follow up adalah PesenOnline.

aplikasi pesen online untuk follow up
aplikasi terbaik untuk follow up

Aplikasi ini akan membantu anda mengirim notifikasi whatsapp, melakukan broadcast wa, membuat konten follow up hingga unlimited, bisa membuat whatsapp auto reply penjawab otomatis 24 jam nonstop realtime, dan masih banyak lagi fungsi-fungsinya.

Gunakan secara GRATIS uji coba. Daftar klik tombol di bawaah ini:

tombol-uji-coba-gratis-wa

Buat Percaya

Ketika komunikasi terhenti dengan rasa kurang percaya dari konsumen untuk melakukan transaksi, maka tugas Anda adalah meyakinkan mereka untuk bertransaksi. Caranya, dengan menegaskan hal positif dari kekhawatiran mereka. Jadi, konsumen akan lebih nyaman dan siap bertransaksi.

Contoh, ketika deal sudah hampir final untuk transaksi pembelian produk skincare ternyata masalahnya adalah ekspedisi ke lokasi konsumen tidak tersedia. Maka buatlah mereka percaya dengan memastikan Anda akan kirim produk dengan mencari ekspedisi yang tepat.

Atau ketika konsumen akan membeli produk mainan anak, ternyata dari testimoni terdapat komplain akibat rusak atau lainnya. Maka Anda harus punya kalimat ampuh untuk membuat konsumen percaya bahwa komplain tersebut sudah diatasi dan produk yang dijual memiliki kualitas terbaik.

Baca juga :  Cara Membuat Konsumen Loyal

Beri Diskon

Ketika Anda “mencium” gelagat konsumen akan membatalkan belanja di toko Anda, maka jangan biarkan itu terjadi. Anda bisa merayu mereka dengan memberikan “diskon dadakan” yang diberlakukan khusus untuk konsumen tersebut, supaya mereka tetap berbelanja di toko Anda.

Tapi, lakukan kalkulasi yang masuk akan sebelum memberikan diskon. Supaya harga diskon tetap memberikan keuntungan bagi Anda sebagai penjual, walaupun jumlahnya tidak sebesar saat Anda mempromosikan produk tersebut di awal komunikasi.

Contoh, konsumen ingin membeli HP di toko Anda. Harga modal dari HP tersebut adalah Rp. 500.000 dan Anda jual Rp. 750.000 tapi ternyata konsumen mengatakan bahwa harganya masih mahal dan berniat batal beli.

Maka Anda bisa memberikan sedikit diskon, dengan menyebutkan harga Rp.600.000. dimana Anda tetap masih mendapatkan untung sebanyak Rp. 100.000 bukan?

Baca juga :  Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Beri Bonus

Jika memberikan diskon masih tidak berhasil, Anda masih punya segudang cara lagi. Salah satunya memberikan bonus tertentu untuk pembelian produk. Jadi konsumen tertarik untuk membeli, apalagi jika bonus yang diberikan merupakan produk yang juga sedang mereka incar.

Contoh, saat konsumen ingin membeli tas namun terkendala harga yang menurut mereka mahal. Anda bisa menambahkan bonus berupa dompet kecil atau bonus souvenir toko, sebagai tambahan item yang akan mereka beli.

Tak sedikit konsumen yang tergiur dengan bonus, walaupun kecil namun yang namanya bonus akan menjadi hal menyenangkan. Dimana mereka yang hanya membeli satu produk, ternyata bisa membawa pulang dua atau tiga produk sekaligus dengan satu harga saja.

Baca juga :  Cara Agar Dagangan Laris

Tunjukkan Testimoni

Salah satu cara ampuh yang juga sering berhasil memastikan konsumen untuk melakukan transaksi di toko online atau offline adalah menunjukkan testimoni dari para konsumen yang sudah pernah berbelanja di toko tersebut.

Untuk toko online bisa memberikan screenshot chatting konsumen yang puas dengan produk yang mereka terima. Sehingga calon konsumen yang masih ragu-ragu untuk melakukan transaksi akan lebih siap untuk menggelontorkan uang mereka guna membeli produk Anda.

Biasanya kekhawatiran meliputi kualitas produk, proses pengiriman, hingga kesalahan ukuran produk yang diorder dengan yang diterima. Anda harus memastikan bahwa testimoni positif bisa membantah semua kekhawatiran tersebut.

Baca juga :  Cara Menggunakan Autoresponder Whatsapp

Beri Gratis Ongkir

Untuk menggaet konsumen baru, segala langkah bisa dilakukan. Supaya mereka yakin untuk membeli, membayar, puas dengan produk dan akhirnya membeli lagi di lain kesempatan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah pembelian produk tanpa ongkos kirim, apalagi untuk konsumen di lokasi yang jauh dari toko Anda.

Dengan menerapkan gratis ongkos kirim, akan sangat membantu meringankan biaya pembelian produk. Tapi, sekali lagi jangan sampai Anda jadi rugi hanya karena memberikan gratis ongkos kirim. Lakukan kalkulasi harga dan keuntungan, jika memang akan memberlakukan sistem gratis tersebut.

Contoh, Anda menjual produk seharga Rp. 100.000, kemudian pembeli harus bayar Rp.150.000 dimana Rp. 50.000 merupakan ongkos kirim. Maka, lakukan kalkulasi apakah dengan menghilangkan ongkos kirim Anda masih akan mendapatkan keuntungan atau tidak.

Baca juga :  Cara Agar Whatsapp Selalu Online Dalam 24 Jam

Edukasi Tentang Manfaat Produk

Memperbanyak informasi penting seputar produk, yang bisa Anda kirim kepada konsumen yang “menggantung” proses transaksi dan belum juga membayar adalah langkah selanjutnya.

Sertakan data yang lengkap tentang produk dari berbagai sumber, pastikan sumbernya terpercaya baik itu dari artikel media massa, internet, atau video dari ahli.

Contohnya, penjualan produk skincare untuk menghilangkan noda hitam di wajah. Anda bisa memberikan edukasi dari berbagai sumber tentang kandungan hebat produk skincare yang Anda jual tersebut. Sertakan kutipan ahli kesehatan yang memberikan pernyataan positif dan mendukung penggunaan kandungan tersebut untuk wajah.

Percaya atau tidak, cara ini juga sering berhasil terutama untuk kalangan yang memiliki pola pikir ilmiah dan butuh banyak referensi sebelum membeli sebuah produk.

Aplikasi untuk melakukan edukasi

Untuk mempermudah anda dalam mengedukasi tentang produk anda ke customer, anda bisa menggunakan aplikasi pesenonline. Uji coba sekarang Gratis.

aplikasi untuk edukasi

tombol-uji-coba-gratis-wa

Beri Fasilitas Tambahan

Fasilitas tambahan ini, contohnya adalah member premium di toko Anda. Nantinya, mereka bisa membeli berbagai produk dengan diskon khusus jika sudah jadi member. Tapi, untuk transaksi awal harus sesuai harga asli agar bisa mendapatkan kartu member tersebut.

Tak sedikit pula konsumen yang akan tergiur dengan cara ini, apalagi yang memang hobi berbelanja. Karena, mereka akan sangat mempertimbangkan diskon yang akan didapatkan pada transaksi selanjutnya.

Bisa juga dengan memberi fasilitas pembelian paket produk lainnya dengan harga “miring”, jika konsumen tersebut membayar order awal yang belum tuntas ini dengan harga normal.

Contoh, konsumen akan membeli produk celana jeans maka Anda bisa memberikan fasilitas pembelian paket OOTD keluaran terbaru dengan harga murah.

Baca juga :  Api Whatsapp Business

Itulah penjelasan lengkap tentang apa saja cara yang bisa Anda lakukan, supaya konsumen cepat membayar order yang sudah mereka lakukan. Karena, keberhasilan satu transaksi bisnis akan memberikan semangat berkali lipat bagi Anda untuk mendapatkan konsumen-konsumen selanjutnya.

error: Content is protected !!