Apa Itu Good Response?

mapping flow good response

Whatsapp merupakan aplikasi chat yang saat ini sangat besar penggunanya. Melakukan marketing di whatsapp saat ini menjadi pilihan yang tepat. Banyak sekali saat ini aplikasi pendukung untuk melakukan marketing di WA. Salah satunya adalah Good Response. Namun Good Response berbeda dengan kebanyakan di luar. Nah, apa itu good response?

Apa itu Good Response?

Good Response image box
Good Response image box

Good Response adalah aplikasi untuk melakukan autoresponders di whatsapp. Yaitu mengirimkan pesan secara berkala seperti email marketing. Mungkin anda sudah mengenal email marketing? Jika sudah tau, lebih kurang cara kerjanya sama seperti itu. Kalau belum tau, nanti akan di jelaskan di bawah ya..

Bila kita melihat perkembangan teknologi saat ini, email marketing sudah banyak di tinggalkan orang, sebab orang-orang lebih banyak menggunakan whatsapp, setiap saat bersama whatsapp, bahkan tidak bisa hidup tanpa whatsapp.

Mungkin masih ada juga menggunakan Email, tetapi sangat jarang di buka, paling saat melakukan registrasi saja. Sehingga marketing di email mulai tidak efektif lagi. Ketika anda melakukan promosi di email maka kemungkinan kecil akan mendapatkan penjualan. Maka dari itu, Good Response menjadi solusi untuk marketing di Whatsapp.

Baca juga : Cara Follow Up Customer yang Benar

Cara Kerja Good Response

Good Response bekerja sama persis seperti email marketing. Dimana Ketika seseorang melakukan submit data seperti nama dan nomor hp, maka akan otomatis mengirim notifikasi ke no wa tersebut secara realtime.

Selanjutnya, anda bisa menambahkan autoresponder misalnya untuk hari ke 1, 2, 3, 4, 5 dst maka di hari 1 user tersebut akan mendapatkan kiriman konten lagi sampai hari ke 5 dan seterusnya. Selama anda membuat konten nya maka selama itu user mendapatkan notif di email.

Manfaat utama GR

Dengan cara kerja yang seperti di jelaskan di atas tadi, maka good response ini bisa di manfaatkan untuk melakukan follow up pembelian produk, mengingatkan pembayaran, edukasi dan bahkan menjadwalkan tagihan bulanan.

Selain itu, bisa di manfaatkan selayaknya email marketing, yaitu bisa membuat edukasi, promosi, autoresponder, kuliah wa, notifikasi dan beragam kebutuhan lainnya.

Melakukan follow up ke customer yang belum bayar itu penting, sebab penjualan kadang tidak terjadi di hari yang sama, bisa jadi hari ke 2, ke 3 ke 4 dst. Customer belum ter edukasi dengan produk anda maka dengan memberi edukasi melalui autoresponder WA di GR ini akan membuat customer dari temperature yang cold menjadi warm. Sehingga berkemungkinan akan melakukan transaksi di kemudian hari.

Mengubah dari customer yang tidak tertarik menjadi tertarik dengan melakukan edukasi kepada nya. Good Response membantu anda melakukan itu semua secara otomatis.

Mapping Flow Good Response

Untuk memahami lebih detail kita bisa melihat mapping flow di bawah ini.

mapping flow good response
mapping flow good response
  1. Campaign / Kampanye / Jual Produk

Kampanye adalah settingan dari autoresponders. Disini bisa dalam bentuk edukasi ataupun produk. Baik produk fisik maupun produk digital. Settingan disini akan di tampilkan pada form order. Yaitu judul, deskripsi dan gambar.

Kemudian yang bisa di setting adalah jumlah WA/CS, periode, dan jam kirim autoresponder.

Baca juga : Membuat Notifikasi Whatsapp di WooCommerce Otomatis Realtime

  1. Autoresponder / Follow UP

Autoresponder ini adalah konten yang akan di kirim ke user berdasarkan kampanye yang sudah di buat sebelumnya. Tambahkan konten mulai dari pertama register, h1, h2, h3, dst

Dalam tujuan autoresponder terbagi 2 fungsi, yaitu tujuan autores dan tujuan notifikasi

Tujuan autores yaitu konten yang di tujukan untuk autoresponder.

Sedangkan notifikasi yaitu konten yang di tujukan untuk setelah selesai pembayaran. Dan juga untuk notif resi, notif deliv dll.

Misalnya customer di follow up ke h3, dia melakukan pembayaran, nah supaya tidak terkirim follow up lagi, maka status customer tersebut harus di ubah dari pending jadi paid. Saat di set paid kamu bisa mengirim notif, yaitu misalnya ucapan terimakaih pembayaran sudah di terima dst dst.

  1. Form Order

Form Order untuk customer menginput data mereka yang setelah itu dia akan mendapatkan notifikasi autorespondernya.

Jadi mapping flow nya seperti ini

Customer input form => data tersimpan berdasarkan settingan kampanye => autoreponsder berjalan h0 (after regist), h1, h2, h3, dst

Baca juga : Cara Agar Konsumen Cepat Membayar / Transfer

Nah kira-kira seperti itu untuk pengenalan aplikasi Good Response. Sekarang kamu paham kan? Nah kamu bisa membuat autoresponder di GR ini secara gratis trial. Silahkan uji coba disini

Selanjutnya kita akan bahas bagaiamana cara membuat kampanye dan membuat konten autoresponder nya. Btw konten autores nya sudah di sediakan referensinya, jadi kamu bisa tinggal copas aja dan edit dikit aja lho..

Lanjut => Cara Membuat Kampanye di Good Response

You May Also Like

About the Author: Mamz Rizki Nur

Seorang yang senang belajar dari internet seperti google, youtube, wikipedia dan belajar dari banyak orang orang yang menebar ilmu positif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!